O w n e r
Let's Shared

Rabu, 20 Mei 2009

Analisa Penjualan

Arti analisa penjualan ialah analisa sesungguhnya dari hasil penjualan. Analisa penjualan didasarkan atas 4 hal yaitu:

  • Analisa Penjualan menurut daerah
Dari data-data yang diperoleh seperti data nasabah, jumlah produk yang terjual, jumlah penerimaan dan selanjutnya perlu ditentukan satuan daerah geografis yang dipergunakan apakah tingkat kecamatan, tingkat kabupaten atau cukup tingkat propinsi. Hasil penjualan kemudian ditabulasi menurut satuan daerah, sehingga dengan demikian bisa diketahui adanya daerah-daerah yang berpotensi dan daerah-daerah yang kurang berpotensi. Atas dasar analisa tersebut kemudian bisa dibuat keputusan yang lebih tepat yaitu mengkonsentrasikan usaha penjualan di daerah-daerah yang sangat menguntungkan.
  • Analisa penjualan menurut barang produksi
Yaitu analisa penjualan menurut produk, maka dimungkinkan untuk mengetahui produk mana yang memberi kontribusi (sumbangan) yang paling besar terhadap hasil penjualan dan harus dieks ploisir semaksimal mungkin dan produk mana yang harus didrop oleh karena kurang memberikan keuntungan. Analisa penjualan menurut barang produksi akan lebih efektif apabila dikombinasikan dengan analisa daerah.

  • Analisa penjualan menurut langganan atau nasabah.
Analisa menurut nasabah dikombinasikan dengan analisa menurut daerah dan produk mungkin sangat membantu didalam usaha mengetahui kelemahan-kelemahan didalam program penjualan untuk suatu daerah nasabah/langganan tertentu, misalnya hanya meliputi nasabah-nasabah yang termasuk golongan ”the have” atau golongan “elite”. Mungkin suatu produk tertentu sangat laris atau banyak laku terjual di daerah Jawa akan tetapi mengalami kemacetan diluar Jawa.
  • Analisa penjualan menurut besarnya jumlah pesanan/order
Analisa ini mungkin sangat membantu didalam menemukan kelemahan-kelemahan yang terjadi misalnya jumlah penjualan yang banyak akan tetapi ternyata dengan jumlah keuntungan yang rendah. Dalam hal ini penjualan diklasifikasikan menurut besar kecilnya pesanan. Analisa semacam ini kemudian bisa untuk mengetahui daerah mana, jenis produk apa dan para langganan yang bagaimana, suatu pesanan dalam jumlah yang sedikit harus mendapatkan perhatian sepenuhnya oleh karena akan mendatangkan keuntungan yang besar demikian pula sebaliknya mengambil suatu tindakan dalam menentukan “a minimum order size” karena memang tidak menguntungkan. More...

Analisa Pasar

Analisa pasar adalah suatu proses untuk menentukan potensi penjualan. Yang dimaksud potensi pasar adalah suatu perkiraan kapasitas dari suatu pasar untuk menyerap barang produksi. Perkiraan tersebut bisa dinyatakan dalam bentuk fisik atau dalam jumlah mata uang, atau bisa dalam bentuk persentase.
Potensi pasar biasanya juga berarti kemungkinan jumlah penjualan. Beberapa potensi penjualan yang berbeda-beda bisa diketahui untuk pasar tertentu. Salah satu potensi itu misalnya total volume yang mungkin bisa dijual dalam satu keadaan yang ideal. More...

Struktur Pasar

Pasar sebagai salah satu kekuatan eksternal dan kunci bagi setiap keberhasilan aktivitas pemasaran yang harus dipahami oleh setiap pengambil keputusan dalam perusahaan. Srategi yang digunakan dalam pemasaran harus disesuaikan dengan sifat dan karakteristik pasar yang hendak dituju.

Dengan pemahaman yang baik tentang pasar maka kita mengidentifikasikan produk dan posisi perusahaan dalam menghadapi pesaing dengan perusahaan sejenis. Untuk itu perlu pengetahuan tentang struktur pasar, karena setiap struktur pasar akan mempunyai sifat-sifat dan karakteristik yang berbeda yang tentunya akan memerlukan kebijaksanaan dan strategi yang berbeda.

Untuk itu informasi mengenai pasar yang dituju sangat dibutuhkan, sebab tanpa adanya informasi yang lengkap mengenai sasaran produk itu kemungkinan besar terlemparnya produk diarena pasar bias saja terjadi akibat tidak memenuhi selera para pembeli.

Secara garis besar bentuk atau struktur pasar dapat digolongkan menjadi 4 kategori:

  • Pure Competition (Persaingan Sempurna)

Bentuk pasar yang betul-betul bersifat pure competition ini dalam kenyataan hampir tidak dijumpai.

Adapun ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:

§ Pembeli dan penjual mengetahui tentang keadaan pasar

§ Dalam pasar banyak terdapat pembeli dan penjual

§ Sifat produk homogen

§ Keleluasaan untuk keluar masuk dalam industri dari pasar yang bersangkutan

  • Monopolistic Competition (Persaingan Monopolistik)

Pasar monopolistic competition timbul bilamana satu atau lebih syarat pure competition tidak terpenuhi. Tapi pada prinsipnya bentuk pasar ini ditandai dengan adanya diferensiasi produk (perbedaan kemasan, ukuran dan sebagainya) diantara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen. Dengan adanya diferensiasi ini berarti adanya kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga jual.

Adapun ciri-ciri pasar persaingan monopolistic adalah:

- Pada umumnya secara relatif penjual agak sulit sungguhpun jumlah dan resiko penjualan cukup banyak, akan tetapi setiap penjual pada dasarnya bergerak pada pasar yang terpisah dari keseluruhan pasar.

- Setiap penjual menawarkan barang-barangnya yang seolah-olah berbeda dengan saingannya yang disebabkan oleh tindakan yang menimbulkan service, place, time serta utility.

- Pembeli yang jumlahnya cukup banyak kurang mengetahui dengan sempurna keadaan pasar dalam hubungannya dengan permintaan, penawaran dan harga.

- Entry bagi perusahaan baru agak terbatas karena pembeli telah terikat pada perusahaan lama dan juga karena terbatasnya pasar untuk menjual produk dalam jumlah besar.

  • Oligopoli (pasar oligopoly)

Jumlah penjual relative sedikit, sehingga mereka menyadari bahwa harga penawaran dari harga perusahaan saingan mereka akan segera mendapat reaksi dari perusahaan saingannya. Oligopoli bisa dibedakan, ada oligopoly yang mempunyai diferensiasi produk. Pada oligopoly dengan diferensiasi produk barang-barang yang dijual telah bersifat diferensiasi. Sedangkan oligopoly tanpa diferensiasi produk, disini setiap perusahaan tanpa menggunakan merek khusus.

Adapun ciri-ciri pasar oligopoly adalah:

- Terdapat banyak pembeli dan sedikit penjual

- Produk biasanya bersifat homogen dan diferensiasi

  • Monopoli (Pasar monopoli)

Adalah suatu keadaan dimana terdapat satu penjual dipasar, oleh karena itu pemegang monopoli dapat menentukan kebijaksanaan harga tanpa memperhitungkan faktor saingan.

Adapun ciri-ciri pasar monopoli adalah:

  • Terdapat satu penjual tanpa adanya saingan, tetapi mungkin saja barang-barang subsitusi yang mana kekuatan monopoli tersebut adalah lemah.
  • Dalam hubungan dengan keadaan produksi sering kali pembeli kurang mengetahui keadaan sepenuhnya terutama pada konsumen perorangan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa struktur pasar merupakan cermin pertimbangan kekuatan yang mempunyai hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi diantara penjual dipasar sehingga menimbulkan persaingan

More...

Peramalan dalam Merebut Peluang Pasar

Ramalan penjualan berarti ramalan penjualan dari produk tertentu, perusahaan tertentu, cabang perusahaan tertentu, pada waktu tertentu dari daerah penjualan tertentu. Misalnya ramalan penjualan rinso oleh Unilever pada tahun 1993, ramalan penjualan mobil Toyota pada tahun 1993 dan sebagainya.
Ramalan penjualan merupakan suatu faktor yang harus diperhatikan didalam perencanaan perusahaan. Hal-hal lainnya seperti jadwal produksi, pengeluaran untuk biaya advertensi, pengeluaran-pengeluaran lainnya tergantung kepada hasil ramalan penjualan. Ada beberapa cara untuk membuat ramalan yaitu:
  • Meramalkan penjualan berdasarkan pendapatan para eksekutif
Dengan cara ini masing-masing anggota eksekutif membuat ramalan penjualan secara independent yaitu bebas satu sama lain untuk periode yang akan datang, misal untuk tahun depan. Ramalan yang mereka buat bukan saja berdasarkan pendapat akan tetapi berdasarkan data yang sudah dipertimbangkan masak-masak. Cara meramal penjualan dengan cara ini mempunyai kebaikan dan kelemahan, kebaikannya adalah bahwa cara itu mudah sekali tanpa mempergunakan metode analisa kualitatif, akan tetapi kelemahannya ialah bahwa cara tersebut sering selalu subyektif sifatnya, jadi tidak obyektif sesuai dengan keadaan yang ada.
  • Meramalkan dengan menggunakan beberapa tenaga penjual.
Dengan cara ini orang-orang yang langsung melakukan penjualan seperti para agen dan salesmen dimana masing-masing mereka diharuskan membuat ramalan tentang hasil penjualan untuk tahun yang akan datang menurut jenis barang produksi, daerah geografis dan menurut besar kecilnya pendapatan para pembeli. Nilai ramalan dari mereka kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan ramalan penjualan seluruh penjualan. Kebaikan dari metode ini ialah biasa menanamkan perasaan bahwa mereka milik dari perusahaan dimana dia bekerja dan memperoleh nafkah, oleh karena mereka diikut sertakan didalam menentukan nilai ramalan yang menunjukan kemampuan mereka didalam menjual barang ditahun yang akan datang. Kebaikan lainnya, bahwa ramalan penjualan dibuat oleh mereka yang langsung melakukan penjualan sehingga mengetahui kesukaran-kesukaran serta kondisi-kondisi lokal dimana mereka beroperasi, hal mana tidak akan dialami oleh anggota staf pimpinan yang biasanya bekerja dibelakang meja
  • Meramalkan dengan metode statistic
Dalam meramalkan dengan metode statistic untuk pembuatan ramalan-ramalan biasanya digunakan metode least squares.
More...

Analisis Peluang Pasar

Faktor penting dalam keberhasilan atau kegagalan dari strategi pemasaran adalah apakah elemen strategi pemasaran tersebut konsisten dengan realita dari lingkungan eksternal perusahaan. Langkah awal dalam mengembangkan rencana pemasaran strategis adalah memantau dan menganalisis peluang serta tantangan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor luar perusahaan.

Adapun tanggung jawab dari manajer perusahaan :

  • Analisis lingkungan dan pesaing

Untuk memahami peluang dan tantangan potensial dalam jangka panjang, pemasaran pertama-tama harus memantau dan menganalisis trend yang luas dalam lingkungan ekonomi dan sosial.

  • Dinamika industri dan perubahan strategi

Dinamika persaingan dari industri terutama menekankan bagaimana pola persaingan dari pembelian konsumen cendrung untuk berubah ketika industri atau produk bergerak melalui berbagai tahap daur hidup.

  • Analisis pelanggan

Untuk mendukung dan mendorong transaksi pertukaran dengan pelanggan potensial

  • Riset pemasaran dan pengukuran pasar

Untuk membuat keputusan-keputusan tentang unsur-unsur program pemasaran seperti berapa harga yang ditetapkan dan media iklan untuk digunakan.

  • Keputusan segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran serta penentuan posisi pasar.

Perbedaan-perbedaan dalam strategi ini menggambarkan pentingnya segmentasi pasar dan kesulitan dalam memutuskan bagaimana cara terbaik mendefenisikan segmen-segmen di dalam pasar tertentu.

Setelah segmen pasar dan menelaah kebutuhan pelanggan serta kekuatan dan kelemahan pesaing didalam segmen-segmen manejer memutuskan segmen-segmen mana untuk menunjukan peluang menarik dan layak bagi perusahaan.



More...

Proses Pemasaran

Manajer pemasaran bertanggung jawab atas berbagai aktivitas yang dilakukan bersama-sama dalam proses pemasaran. Proses pemasaran ini meliputi:

  • Memahami misi organisasi dan peran pemasaran dalam memenuhi misi tersebut.
  • Menyusun sasaran pemasaran.
  • Mengumpulkan, menganalisis dan mengartikan informasi tentang situasi organisasi, termasuk kekuatan dan kelemahannya serta berbagai peluang dan aman dalam suatu lingkungan.
  • Pengembangan suatu strategi pemasaran melalui keputusan secara benar tentang kebutuhan mana dan kebutuhan siapa yang akan dipenuhi oleh organisasi dan mengembangkan aktivitas pemasaran yang sesuai untuk memuaskan keinginan dari target pasar yang dituju.
  • Mengimplementasikan strategi pemasaran.
  • Mendesain pengukuran kinerja.
  • Secara periodik melakukan evaluasi upaya pemasaran dan membuat perubahan jika diperlukan.
More...

Perencanaan Pemasaran

Perencanaan adalah “proses mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dimasa yang datang dan menentukan yang harus dugunakan untuk mencapai sasaran organisasi dimasa depan”.
Rencana pemasaran dapat menjadi dasar bagi manajemen guna melakukan perbandingan antara kinerja yang diharapkan dengan kinerja yang telah dicapai. Memudahkan manejer pemasaran untuk masuk kepasar dengan kesadaran akan berbagai kemungkinan dan masalah yang mungkin dihadapi.
Rencana pemasaran adalah “dokumen tertulis yang berlaku sebagai buku petunjuk semua kegiatan pemasaran yang harus dijalankan oleh manejer pemasaran”
Perencanaan pemasaran adalah “mencakup upaya mendesain kegiatan yang berhubungan sasaran pemasaran dan perubahan dan lingkungan pemasaran“.
Perencanaan pemasaran juga merupakan dasar untuk semua strategi dan keputusan pemasaran. More...

Konsep pemasaran

Konsep pemasaran menyatakan bahwa alasan sosial dan ekonomi bagi suatu perusahaan atau organisasi adalah memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan tersebut sesuai dengan sasaran perusahaan. Konsep pemasaran mengenal bahwa tidak adanya alasan mengapa konsumen harus membeli suatu produk yang ditawarkan oleh suatu organisasi, sekalipun produk pesaing, melainkan mereka akan memilih produk dan jasa mana yang paling memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.

Perusahaan yang mengadopsi dan mengimplementasi konsep pemasaran setuju dengan orientasi pasar. Orientasi pasar membutuhkan kepemimpinan manajemen puncak, fokus pada konsumen memahami tentang pesaing, dan koordinasi antar fungsi untuk memenuhi kebutuhan akan keinginan serta mengirimkan nilai yang terbaik.

Adapun konsep pemasaran ini terdiri dari :

  • Fokus pada kemauan dan keinginan konsumen sehingga organisasi dapat membedakan produknya dari produk yang ditawarkan oleh para pesaing.
  • Mengintegrasikan seluruh aktifitas organisasi termasuk didalamnya produksi untuk memuaskan kebutuhan.
  • Pencapaian tujuan jangka panjang bagi organisasi dengan memuaskan kebutuhan akan keinginan konsumen secara hukum dan bertanggung jawab.
More...

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan paling penting yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsunggan hidup, berkembang, kemampuan untuk bersaing serta mendapatkan laba. Tidak ada satu perusahaan yang mampu bertahan bilamana perusahaan tersebut tidak mampu memasarkan atau menjual barang-barang atau jasa-jasa yang dihasilkannya. Berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatannya dapat dilihat dari perkembangan volume penjualan atas produk atau jasa yang dijualnya.

Pemasaran adalah “Suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi dan distribusi sejumlah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi”. ( th : 2001, Salemba Empat, Jilid 1 )

Pemasaran adalah “proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalu pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran“. (th : 2000, Boyd Walker Larreche )
More...

Arti dan Peranan Persediaan

Persediaan adalah sejumlah bahan-bahan, bagian-bagian yang disediakan dan bahan-bahan dalam proses yang terdapat dalam perusahaan untuk proses produksi, serta barang-barang jadi/produk yang disediakan untuk memenuhi permintaan dari konsumen setiap waktu.


Persediaan merupakan salah satu unsur yang paling aktif dalam operasi perusahaan yang secara berkelanjutan diperoleh, diubah kemudian dijual kembali.

  • Manfaat adanya persediaan antara lain:
  • Menghilangkan resiko keterlambatan datangnya barang
  • Menghilangkan resiko barang yang rusak
  • Mempertahankan stabilitas operasi perusahaan
  • Mencapai penggunaan mesin yang optimal
  • Memberi pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen
More...

Kelebihan MySQL

Sebagai software database dengan konsep database modern, MySQL memiliki banyak kelebihan.
  • Protability
MySQL dapat digunakan dengan stabil tanpa kendala, berarti pada berbagai sistem operasi diantaranya seperti Windows, Linux, Mac OS X Server, Solaris, Amiga HP-UX dan masih banyak lagi.
  • Open source MySQL didistribusikan secara open source di bawah lisensi GPL, sehingga dapat memperoleh menggunakannya secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sepeserpun.
  • Multiuser
MySQL dapat digunakan untuk menangani beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini akan memungkinkan sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan pula.
  • Performance Tuning
MySQL memiliki kecepatan yang cukup menakjubkan dalam menangani query sederhana, serta mampu memproses lebih banyak SQL persatuan waktu.
  • Column Types
MySQL didukung tipe kolom(tipe data) yang sangat kompleks.
  • Command dan Functions
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.
  • Scalability dan Limits
Dalam hal batas kemampuan, MySQL terbukti mampu menangani database dalam skala yang besar dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada setiap tabelnya.
Interface
Sama halnya dengan software database lainnya, MySQL memiliki interface (antarmuka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Aplication Programming Interface).
  • Struktur tabel
Struktur tabel MySQL cukup baik, serta cukup fleksibel. Misalnya ketika menangani Alter Table, dibandingkan database lainnya semacam ProgresSQL ataupun Oracle.
More...

Fungsi MySQL

Ada beberapa fungsi yang digunakan dalam MySQL. Fungsi tersebut sangat erat kaitannya dengan query SQL. Akan tetapi user tidak dapat langsung menggunakan perintah SQL pada script PHP. Di sini fungsi MySQL-lah yang digunakan sebagai penghubung antar SQL sehingga query tersebut dapat dijalankan pada server
dan dapat dilihat hasilnya oleh client.
Fungsi MySQL dapat juga dikatakan sebagai interpreter query karena setiap user menggunakan query SQL, maka fungsi ini harus diletakkan. Dengan kata lain query SQL tidak dapat dijalankan tanpa adanya fungsi MySQL.

Berikut Fungsi MySQL dan Penggunaannya:

  • mysql_close() Untuk menutup koneksi dengan MySQL
  • mysql_connect() Untuk membuka koneksi dengan database MySQL
  • mysql_create_db() Untuk membuat database
  • mysql_db_name() Untuk menghasilkan hasil data
  • mysql_db_query() Untuk mengantarkan query MySQL
  • mysql_error() Untuk menampilkan pesan kesalahan dalam bentuk teks dari server MySQL
  • mysql_field_name() Menampilkan nama field khusus pada database MySQL
  • mysql_free_result() Untuk menghasilkan keadaan memori yang bebas
  • mysql_list_dbs() Untuk menampilkan database di server MySQL
  • mysql_query() Untuk mengirimkan perintah SQL
  • mysql_result() Untuk menghasilkan data
More...


Follow This Blog....!!!

More Blogger Update

 

Copyright © 2009 by : ameykurdt

Site Meter yang nyasar sejak Rabu, 27 Mei 09