O w n e r
Let's Shared

Rabu, 20 Mei 2009

Peramalan dalam Merebut Peluang Pasar

Ramalan penjualan berarti ramalan penjualan dari produk tertentu, perusahaan tertentu, cabang perusahaan tertentu, pada waktu tertentu dari daerah penjualan tertentu. Misalnya ramalan penjualan rinso oleh Unilever pada tahun 1993, ramalan penjualan mobil Toyota pada tahun 1993 dan sebagainya.
Ramalan penjualan merupakan suatu faktor yang harus diperhatikan didalam perencanaan perusahaan. Hal-hal lainnya seperti jadwal produksi, pengeluaran untuk biaya advertensi, pengeluaran-pengeluaran lainnya tergantung kepada hasil ramalan penjualan. Ada beberapa cara untuk membuat ramalan yaitu:
  • Meramalkan penjualan berdasarkan pendapatan para eksekutif
Dengan cara ini masing-masing anggota eksekutif membuat ramalan penjualan secara independent yaitu bebas satu sama lain untuk periode yang akan datang, misal untuk tahun depan. Ramalan yang mereka buat bukan saja berdasarkan pendapat akan tetapi berdasarkan data yang sudah dipertimbangkan masak-masak. Cara meramal penjualan dengan cara ini mempunyai kebaikan dan kelemahan, kebaikannya adalah bahwa cara itu mudah sekali tanpa mempergunakan metode analisa kualitatif, akan tetapi kelemahannya ialah bahwa cara tersebut sering selalu subyektif sifatnya, jadi tidak obyektif sesuai dengan keadaan yang ada.
  • Meramalkan dengan menggunakan beberapa tenaga penjual.
Dengan cara ini orang-orang yang langsung melakukan penjualan seperti para agen dan salesmen dimana masing-masing mereka diharuskan membuat ramalan tentang hasil penjualan untuk tahun yang akan datang menurut jenis barang produksi, daerah geografis dan menurut besar kecilnya pendapatan para pembeli. Nilai ramalan dari mereka kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan ramalan penjualan seluruh penjualan. Kebaikan dari metode ini ialah biasa menanamkan perasaan bahwa mereka milik dari perusahaan dimana dia bekerja dan memperoleh nafkah, oleh karena mereka diikut sertakan didalam menentukan nilai ramalan yang menunjukan kemampuan mereka didalam menjual barang ditahun yang akan datang. Kebaikan lainnya, bahwa ramalan penjualan dibuat oleh mereka yang langsung melakukan penjualan sehingga mengetahui kesukaran-kesukaran serta kondisi-kondisi lokal dimana mereka beroperasi, hal mana tidak akan dialami oleh anggota staf pimpinan yang biasanya bekerja dibelakang meja
  • Meramalkan dengan metode statistic
Dalam meramalkan dengan metode statistic untuk pembuatan ramalan-ramalan biasanya digunakan metode least squares.

Comments :

0 komentar to “Peramalan dalam Merebut Peluang Pasar”

Posting Komentar


 

Copyright © 2009 by : ameykurdt

Site Meter yang nyasar sejak Rabu, 27 Mei 09