O w n e r
Let's Shared

Rabu, 20 Mei 2009

Analisa Penjualan

Arti analisa penjualan ialah analisa sesungguhnya dari hasil penjualan. Analisa penjualan didasarkan atas 4 hal yaitu:

  • Analisa Penjualan menurut daerah
Dari data-data yang diperoleh seperti data nasabah, jumlah produk yang terjual, jumlah penerimaan dan selanjutnya perlu ditentukan satuan daerah geografis yang dipergunakan apakah tingkat kecamatan, tingkat kabupaten atau cukup tingkat propinsi. Hasil penjualan kemudian ditabulasi menurut satuan daerah, sehingga dengan demikian bisa diketahui adanya daerah-daerah yang berpotensi dan daerah-daerah yang kurang berpotensi. Atas dasar analisa tersebut kemudian bisa dibuat keputusan yang lebih tepat yaitu mengkonsentrasikan usaha penjualan di daerah-daerah yang sangat menguntungkan.
  • Analisa penjualan menurut barang produksi
Yaitu analisa penjualan menurut produk, maka dimungkinkan untuk mengetahui produk mana yang memberi kontribusi (sumbangan) yang paling besar terhadap hasil penjualan dan harus dieks ploisir semaksimal mungkin dan produk mana yang harus didrop oleh karena kurang memberikan keuntungan. Analisa penjualan menurut barang produksi akan lebih efektif apabila dikombinasikan dengan analisa daerah.

  • Analisa penjualan menurut langganan atau nasabah.
Analisa menurut nasabah dikombinasikan dengan analisa menurut daerah dan produk mungkin sangat membantu didalam usaha mengetahui kelemahan-kelemahan didalam program penjualan untuk suatu daerah nasabah/langganan tertentu, misalnya hanya meliputi nasabah-nasabah yang termasuk golongan ”the have” atau golongan “elite”. Mungkin suatu produk tertentu sangat laris atau banyak laku terjual di daerah Jawa akan tetapi mengalami kemacetan diluar Jawa.
  • Analisa penjualan menurut besarnya jumlah pesanan/order
Analisa ini mungkin sangat membantu didalam menemukan kelemahan-kelemahan yang terjadi misalnya jumlah penjualan yang banyak akan tetapi ternyata dengan jumlah keuntungan yang rendah. Dalam hal ini penjualan diklasifikasikan menurut besar kecilnya pesanan. Analisa semacam ini kemudian bisa untuk mengetahui daerah mana, jenis produk apa dan para langganan yang bagaimana, suatu pesanan dalam jumlah yang sedikit harus mendapatkan perhatian sepenuhnya oleh karena akan mendatangkan keuntungan yang besar demikian pula sebaliknya mengambil suatu tindakan dalam menentukan “a minimum order size” karena memang tidak menguntungkan.

Comments :

0 komentar to “Analisa Penjualan”

Posting Komentar


 

Copyright © 2009 by : ameykurdt

Site Meter yang nyasar sejak Rabu, 27 Mei 09