O w n e r
Let's Shared

Minggu, 19 April 2009

Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi didefinisikan sebagai suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi, atau dapat disampaikan sistem informasi tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting dan suatu dasar untuk pengambilan suatu keputusan.
Menurut Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis mengatakan sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolah transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Menurut Prajudi Admosudijo mengatakan bahwa Sistem adalah sesuatu yang terdiri atas objek, unsur atau komponen yang berkaitan dan berhubungan satu sama lain sedemikian rupa, sehingga unsur-unsur tersebut merupakan suatu kesatuan pemprosesan atau pengolahan tertentu.
Defenisi lain dari sistem informasi dapat diartikan sebagai suatu kumpulan bagian-bagian formal yang sistematik yang melakukan operasi pengolahan data untuk tujuan:

  1. Memenuhi persyaratan pengolahan data yang lengkap dengan transaksional (tukar menukar).
  2. Memberikan informasi kepada manajemen untuk mendukung kegiatan perencanaan, pengendalian dan pengembalian keputusan.
  3. Memberikan bermacam-macam laporan seperti yang diperoleh oleh pihak luar.
Pada saat ini suatu kegiatan baru dan dinamis telah dikembangkan didalam organisasi berupa disain, operasi dan manajemen sistem informasi yang berlandaskan computer (Computer Based Information System). Sementara itu berbagai kegiatan organisasi memerlukan suatu sistem untuk mengolah informasi yang lebih cepat dan kehadiran komputer telah memperluas kemampuan manusia dalam mengolah informasi tentang kegiatan-kegiatan perusahaan. Sistem informasi dapat disimpulkan sebagai suatu kumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pihak yang mengambil keputusan atau pengendalian organisasi dalam perusahaan.
Sistem informasi yang baik akan menghasilkan informasi yang berkualitas, dan dapat digunakan untuk pembuatan keputusan yang berkualitas. Informasi akan berkualitas bila informasi tersebut : relevan dengan pengambilan keputusan, akurat tepat waktu, padat jelas dan dapat dikualifikasikan. Selain itu sistem informasi yang baik adalah sistem yang mampu mendorong terlaksananya operasi yang efisien dan efektif.

Comments :

0 komentar to “Pengertian Sistem Informasi”

Posting Komentar


 

Copyright © 2009 by : ameykurdt

Site Meter yang nyasar sejak Rabu, 27 Mei 09